HOME

Tuesday, August 22, 2017

Peta kelompok kerja atau Peta Proses Kelompok Kerja

Peta kelompok kerja

Peta Proses Kelompok Kerja merupakan bagian dari peta aliran proses. Memang pada dasarnya peta proses kelompok kerja merupakan hasil perkembangan dari suatu peta aliran proses. Orang yang pertama memperkenalkan dan kemudian mengembangkan adalah John A. Adridge.
Peta ini bisa digunakan dalam suatu tempat kerja di mana untuk melaksanakan pekerjaan tersebut memerlukan kerja sama yang baik dari sekelompok pekerja. Jenis pekerjaan atau tempat  kerja yang mungkin memerlukan analisis melalui peta proses kelompok kerja misalnya pekerjaan-pekerjaan: pergudangan, pemeliharaan, atau pekerjaan-pekerjaan pengangkutan material. Pada dasarnya dapat dikatakan bahwa Peta Proses Kelompok Kerja merupakan kumpulan dari beberapa Peta aliran Proses dimana tiap Peta Aliran Proses tersebut menunjukan suatu seri kerja dari seorang operator. Setiap Peta Aliran Proses tersebut dipetakan dalam arah horizontal, sehingga pararel satu sama lain, yang satu diatas atau dibawah yang lainnya. Arah kegiatan dari sebelah kiri menuju kesebelah kanan, perubahan kegiatan digambarkan dengan berubahnya lambang pada tiap Peta Aliran Proses tersebut.

Kegunaan Peta Proses Kelompok Kerja
Peta ini dapat digunakan sebagai alat untuk menganalisis aktivitas suatu kelompok kerja. Tujuan utama yang harus dianalisis dari kelompok kerja ini adalah meminimumkan waktu menunggu (delay).
Dengan berkurangnya waktu menunggu berarti kita bisa mencapai tujuan lain yang lebih nyata, diantaranya:
a.   Bisa mengurangi ongkos produksi atau proses
b.   Bisa mempercepat waktu penyelesaian produksi atau proses 

Prinsip-prinsip Pembuatan Peta Proses Kelompok Kerja (GPC)
·        Langkah pertama, nyatakan judul peta lengkap dengan identifikasi-identifikasi lainnya dan ringkasannya, seperti pada peta aliran proses. Hanya disini kepalanya ditulis ”PETA PROSES KELOMPOK KERJA”
·        Lambang-lambang yang biasanya digunakan untuk membuat Peta Aliran Proses digunakan juga untuk membuat Peta Aliran Proses kelompok kerja sesuai kebutuhan.
·        Tiap peta aliran proses yang menunjukan satu seri kegiatan kerja, merupakan anggota dari suatu peta proses kelompok kerja. Peta-peta aliran proses tersebut diletakkan saling berdampingan secara paralel, bergerak mulai dari kiri-kanan, dimana kolom vertikal menunjukan aktivitas-aktivitas yang terjadi secara bersamaan dari semua anggota kelompok.
·        Lambang-lambang dari setiap anggota kelompok dapat diletakkan secara berdekatan dan perubahan lambang menunjukan perubahan aktivitas.

Peta Pekerja dan Mesin

Peta kerja ini menggambarkan hubungan yang jelas antara waktu kerja operator dan waktu operasi mesin yang ditanganinya. Tentunya keseimbangan kerja antara pekerja dan mesin bisa lebih diperbaiki. Efektivitas penggunaan pekerja dan atau mesin pun bisa ditingkatkan, dengan cara:

1.  Mengubah tata letak tempat kerja
Tata letak kerja pada dasarnya sangat mempengaruhi waktu penyelesaian suatu pekerjaan. Apabila dilakukan penataan ulang tempat kerja, maka waktu penyelesaian bisa mencapai minimum.


2. Mengatur kembali gerakan-gerakan kerja
Penataan kembali gerakan-gerakan yang dilakukan pekerja akan sangat membantu meminimalisasi waktu penyelesaian kerja, meningkatkan efektivitas kerja, serta mempengaruhi efisiensi penggunaan tenaga.

 3. Merancang kembali mesin dan peralatan
         Kita bisa ambil contoh sederhana, pekerjaan memindahkan barang berat menggunakan gerobak dorong. Apakah ada cara yang lebih baik daripada itu? Untuk meningkatkan efektivitas, mengurangi waktu mengangkut, sekaligus menghemat tenaga, gerobak dorong tersebut lebih baik diganti dengan alat peluncur atau yang bertenaga motor. Kapasitas pemindahan pun lebih besar.

 4. Menambah pekerja bagi sebuah mesin atau menambah mesin bagi seorang pekerja.


Dalam membuat peta pekerja-mesin, lambang-lambang yang digunakan perlu diperhatikan:
Digunakan untuk menyatukan pekerja atau mesin yang sedang menganggur atau salah satu sedang menunggu yang lain.


Ditinjau dari pihak pekerja, keadaan ini menunjukkan pekerja yang sedang bekerja dan independen dengan mesin dan pekerja lainnya. Misalnya, ketika tukang jus membiarkan mesin blender mengolah buah selagi dia mempersiapkan kemasan. Ditinjau dari pihak mesin, mesin tersebut sedang bekerja tanpa operator (otomatis).


Ditinjau dari pihak pekerja, keadaan ini menunjukkan pekerja yang sedang berkerja dengan mesin dan/atau pekerja lainnya. Ditinjau dari pihak mesin, mesin tersebut bekerja dengan operator (manual).







Peta Tangan Kanan dan Tangan Kiri

Peta tangan kanan-tangan kiri merupakan gambaran semua gerakan saat bekerja dan wktu menganggur yang dilakukan oleh tangan kiri dan tangan kanan. Serta menunjukan perbandingan tugas yang dibebankan pada tangan kri dan tangan kanan.

Penggambaran semua gerakan saat bekerja dan waktu menganggur yang dilakukan oleh tangan kiri dan tangan kanan dan perbandingan antara tugas yang dibebankan pada tangan kiri dan kanan dalam suatu pekerjaan.
 Adapun prinsip-prinsip yang digunakan dalam peta tangan kanan-tangan kiri adalah sebagai berikut:

Berbeda dengan peta yang lain untuk membuat peta tangan kanan-tangan kri lembaran kertas dibagi dalam tiga bagian yaitu kepala, bagian yang memuat bagian dari sistem kerja, dan bagian-bagian badan.
Pada bagian kepala, dibaris paling atas ditulis PETA TANGAN KANAN-TANGAN KIRI setelah itu menyertakan identifikasi-dentifikasi lainnya seperti: nama pekerjaan, nama depertemen, cara peta, dll.
Pada bagian yang memuat bagan digambarkan sketsa dari sistem kerja yang memperlihatkan skala.
Bagian “badan” dibagi kedalam dua pihak, yaitu pihak sebelah kiri kertas digunakan untuk mengambarkan kegiatan yang dilakukan oleh tangan kiri an sebaiknya.
Langkah selanjutnya,diperhatikan urutan-urutan gerakan yang dilaksanakan oleh operator. Kemudian operator-operator tersebut diuraikan menjadi elemen-elemen gerakan. Biasanya dibagi dalam delapan elemen.

KEGUNAAN PETA TANGAN KANAN - TANGAN KIRI
Menyeimbangkan gerakan kedua tangan dan mengurangi kelelahan
Menghilangkan gerakan yang tidak efektif
Alat untuk menganalisis tata letak sistem kerja
Alat untuk melatih pekerja baru

ELEMEN GERAKAN UNTUK PETA TANGAN KANAN - TANGAN KIRI :
Re ---> Menjangkau
G ---> Memegang
M ---> Membawa
P ---> Mengarahkan
U ---> Menggunakan
RI ---> Melepas
D ---> Menganggur

H ---> Memegang untuk memakai

No comments:

Post a Comment