HOME

Tuesday, August 22, 2017

PENYUSUNAN KONSEP PRODUK

BAB IV
PENYUSUNAN KONSEP PRODUK


4.1         Penyusunan Konsep
Konsep produk adalah perkiraan gambaran dari teknologi, prinsip kerja dan bentuk dari produk. Tingkat dimana sebuah produk dapat memuaskan pelanggan dan dapat sukses di pasaran tergantung kepada besarnya nilai kualitas yang mendasari konsep. Proses penyusunan konsep dimulai dengan serangkaian kebutuhan pelanggan dan target spesifikasi produk dan menghasilkan serangkaian konsep produk dimana tim akan membuat seleksi akhir.Adapun metode penyusunan konsep terdiri dari 5 langkah yaitu:

4.1.1   Memperjelas Masalah
Mengerti masalah dan mendekomposisikannya atau membaginya menjadi submasalah yang lebih sederhana.

4.1.2   Pencarian Eksternal
Mengumpulkan informasi dari pengguna utama, pakar, patent, literatur yang telah dipublikasikan dan produk yang berhubungan.

4.1.3   Pencarian Internal
Menggunakan metode individu dan kelompok untuk memperoleh dan mengadaptasi ilmu pengetahuan dari tim.

4.1.4   Menggali Secara Sistematis
Dari internal dan ekstenal terkumpul puluhan penggalan konsep, kemudian buat klasifikasi. Penggalian sistematis ditujukan untuk menuntun semua kemungkinan dengan cara mengorganisasi dan mensintesis pecahan solusi. Ada dua alat yang dapat digunakan, yaitu pohon klasifikasi konsep dan tabel kombinasi konsep. Pohon klasifikasi konsep digunakan untuk membagi seluruh solusi-solusi yang mungkin kedalam beberapa kelasyang terpisah, sehingga akan mempermudah perbandingan dan penghilangan alternatif solusi. Tabel kombinasi konsep menyediakan suatu cara untuk mempertimbangkan berbagai kombinasi dari solusi masalah yangada. Solusi potensial merupakan kombinasi dari submasalah yang ada

4.1.5   Merefleksikan pada Penyelesaian dan Proses
Mengidentifikasi peluang untuk perbaikan pada iterasi berikutnya atau proyek yang akan datang.Apakah tim yakin bahwa solusi-solusi yang mungkin telah digali?Adakah altenatif diagram fungsi? Adakah cara lain untuk medekomposisi masalah?Sudahkah sumber eksternal ditelusuri?Sudahkah pemikiran tiap orang diterima dan digabung dalam proses?

4.2         Penyusunan Konsep Rancangan Produk
Proses perancangan alat puntir benang sutera dilakukan berdasarkan kebutuhan konsumen dan spesifikasi produk yang telah ditentukan. Untuk melaksanakan proses ini diperlukan lima tahapan seperti diagram dibawah ini.

4.2.1   Memperjelas Masalah
Memperjelas masalah adalah merupakan inventarisasi masalah utama dalam proses perancangan alat puntir benang sutera. Permasalahan tersebut antara lain berkaitan dengan fungsi dan estetika dari alat puntir benang sutera.

4.2.2   Pencarian Penyelesaian Eksternal
Sumber penyelesaian secara eksternal dari masalah perancangan alat puntir benang sutera dapat diperoleh dari beberapa sumber antara lain:Pengguna utama yaitu petenun sutera, tenaga ahli mesin-mesin pertenunan yang meliputi ahli material, mekanik, konversi energi dan konstruksi, serta jurnal, patent, literatur dan merek dagang. Selanjutnya berdasarkan informasi tersebut dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa seberapa besar tingkat animo dari konsumen, tingkat kesulitan dalam proses perancangan dan pengembangan dari alat puntir benang sutera tersebut.

4.2.3   Pencarian Penyelesaian Internal
Penyelesaian secara internal dalam masalah perancangan alat puntir benang sutera yaitu dengan cara melakukan telaah terhadap individu maupun kelompok yang terlibat dalam proses perancangan dan pengembangan produk, sesuai dengan tugas yang diberikan. Dari kajian ini dapat diperoleh konsep-konsep baru dalam perancangan dan pengembangannya.

4.2.4   Eksplorasi Tersistem
Untuk mengeksplorasi konsep perancangan alat puntir benang sutera secara tersistem dapat dilakukan melalui analisa pohon klasifikasi atau tabel kombinasi.

4.2.5   Refleksi dari Penyelesaian dan Proses
Langkah terakhir dalam proses perancangan alat puntir benang sutera adalah refleksi yaitu merupakan umpan balik secara konstruktif dari konsep-konsep sebelumnya. Hasil dari proses refleksi ini adalah munculnya rancangan yang dianggap handal.Setelah melalui kelima tahapan tersebut di atas, maka diperoleh empat buah konsep rancangan produk.

1 comment: